3 Hal yang Sebaiknya Kita Minta saat Bersujud

Ilustrasi. (Foto: net)

Jakarta, Mediadakwah.id – Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah pada waktu kita bersujud di kala menunaikan salat baik yang sifatnya fardhu atau wajib dan sunah.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Adapun ketika rukuk agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” [Hadis Riwayat Muslim nomor 479]

Jika setiap doa yang kita panjatkan pada saat kita sedang bersujud akan dikabulkan maka janganlah sampai menyia-nyiakan waktu itu karena pasti mustajab.

Maka selain meminta kepada Allah agar segala urusan duniawi kita dimudahkan ada baiknya kita berdoa untuk kebaikan di negeri akhirat nanti. Sebab seperti kita ketahui kehidupan akhirat adalah sebenar-benarnya kehidupan bagi setiap insan manusia.

Dilansir dari umma.id, terkait hal itu maka ada tiga hal yang sebaiknya kita mintakan kepada Allah dalam setiap sujud, yang insya Allah sangat berarti bagi kita semua.

  1. Minta Diwafatkan Husnulkhatimah

Mati dalam keadaan Islam adalah dambaan setiap insan Muslimin. Sebab jika demikian maka insya Allah kita akan mendapatkan kehidupan yang menyenangkan di akhirat nanti.

Adapun bacaan doa meminta diwafatkan dalam keadaan husnulkhatimah yaitu:

“Allahumma inni as aluka husnulkhatimah.”

  1. Kesempatan Bertobat

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Bahkan ada pula manusia yang tidak hanya berbuat salah namun termasuk ke dalam kategori lalai atas beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka selagi kita masih bernapas ada baiknya meminta kepada Allah agar diberikan kesempatan untuk bertobat sebelum wafat.

Doa supaya bisa bertobat sebelum wafat sangat mudah dihafalkan yaitu:

“Allahummarzuqnii taubatan nasuuha qoblal maut.”

  1. Ditetapkan Hati di Atas Agama Islam

Selain meminta diwafatkan dalam keadaan husnulkhatimah, kita juga diimbau untuk berdoa kepada Allah agar hati ini ditetapkan di atas agama Islam.

Jika sudah demikian maka tidak ada lagi sesuatu yang mampu menarik hati kita kecuali agama Islam. Kita akan totalitas dalam mempelajari agama ini dan menunaikan amal-amalnya.

Doa agar hati ditetapkan di atas agama Islam juga tidak sulit untuk kita hafalkan yaitu:

“Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qalbi’ala diinik.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here