5 Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

Yogyakarta, Mediadakwah.id – Ngomongin kuliner di Kota Yogyakarta rasanya enggak bakalan ada habisnya. Meskipun sudah banyak dikunjungi para pelancong tetapi sepertinya ada saja yang belum dijangkau. Tak jarang, yang belum sempat itu justru merupakan kuliner favorit bahkan legendaris. 

Bakpia Pathok dan Gudeg seakan sudah menjadi kuliner yang wajib dicicipi. Sampai-sampai Yogyakarta dijuluki sebagai “Kota Gudeg”. Hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu dua makanan itu. 

Tapi, tahukah kalau ada beragam kuliner di Yogya yang tak kalah lezat, murah dan tentunya halal? Kelezatannya bisa-bisa bikin nagih dan “ngangenin”. Rasanya ingin coba lagi dan lagi. Berikut lima wisata kuliner lezat dan halal di Kota Istimewa yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Oseng-oseng Mercon Bu Narti. 

Kuliner ini cocok sekali bagi para pecinta pedas. Dijamin ketagihan. Isinya terdiri dari gajih, tulang, kulit dan cabe rawit. Warung ini bertempat di daerah Ngampilan. Buka mulai pukul 18.00 sampai 00.00 WIB. 

Jika sedang ramai, pukul 21.00 saja sudah ludes terjual. Jadi, kalau mau mencicipi oseng-oseng ini, sebaiknya datang lebih awal. Harganya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp15.000 saja.

Tapi kalau takut kehabisan dan malas ke sana, bisa pesan secara online. Karena Oseng-oseng Mercon yang satu ini sudah tersedia dalam kemasan kaleng. Jadi lebih mudah dan praktis.

2. Gudeg Pawon

Sulit rasanya memisahkan kuliner yang satu ini dari Yogya. Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1658 dan masih eksis sampai sekarang. Maka aneh kalau masih ada yang mempertanyakan kualitas rasanya. Cukup dengan 11.000 sampai 24.000, Kuliner yang bertempat di Umbulharjo ini dapat segera disantap.

3. Mie Ayam Bu Tumini

Bagi para pecinta mie ayam, sebaiknya segera merapat ke Umbulharjo. Karena di sini ada salah satu mie ayam terenak di Yogya. Namanya Mie Ayam Bu Tumini. Harganya mulai dari 8000-an aja. Buka mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Karena haya 7 jam dan sering ramai pembeli, jangan sampai telat apalagi kehabisan ya!

4. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Lek Man banyak direkomendasi para wisatawan. Angkringan legendaris ini menjual banyak makanan lezat. Harganya pun cukup terjangkau. Mulai dari 2.500 saja, berbagai sate dan nasi sudah bisa dicicipi. 

Tapi, kalau mau dapat paket komplit, cukup bayar Rp 20.000. Warung ini bertempat di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta. Angkringan ini dibukan mulai pukul 21.00-02.00 WIB

5. Soto Bathok Mbah Katro

Penyajian yang unik menjadi ciri khas tersendiri soto yang satu ini. Kalau umumnya soto dihidangkan menggunakan mangkok, Soto ini memanfaatkan batok kelapa yang sudah didesain sedekian rupa sebagai wadahnya.  

Tidak hanya unik, cita rasa daging sapi dan kuah beningnya benar-benar memanjakan lidah para wisatawan. Apalagi ditambah dengan toping sate usus, telur puyuh dan gorengan tempe yang renyah. Tempatnya ada di Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. Tak perlu khawatir dengan budget. Cukup dengan Rp 5.000, seporsi soto sudah bisa dinikmati.  

Red: Daulat

Sumber: https://brilicious.brilio.net/spot-makan/15-wisata-kuliner-jogja-yang-enak-murah-dan-terkenal-2001214.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here