Agar Setan Tidak Ikut Bersantap Makanan Bareng Kita

Jakarta, Mediadakwah.id – Patut kita ketahui bahwa setan bisa mendapatkan makanan dari hidangan yang kita santap. Hal itu terjadi apabila kita lupa mengucapkan basmalah sebelum makan ataupun minum.

Pada saat kita sedang bersantap pun seyogianya tetap mewaspadi agar setan tetap menjauh dari kita dan tidak nimbrung ikut-ikutan makan dari makanan yang tercecer di meja makan.

Ya, sahabat! Dikutip dari buku ‘Amalan Sunah Sehari-hari Rasulullah’ karya Syaikh Abdullah bin Hamud Al-Furaih, setan masih bisa menyantap hidangan yang kita makan apabila makanan itu tercecer dari piring dan berada di meja makan atau alas lainnya seperti lantai dan sebagainya.

Maka disunahkan untuk kita semua agar memungut makanan yang tercecer itu lalu kemudian membersihkan kotoran yang melekat padanya (kalau ada) kemudian memakannya.

Sebab, hal ini merupakan bentuk pengamalan sunah seperti yang dicontohkan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam sekaligus pengusiran terhadap setan yang selalu berupaya menyertai orang yang sedang makan, meskipun dia hanya makan sesuap makanan yang tercecer dari hidangannya.

Dari Jabir radhiyallahu’anhu dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya setan akan mendatangi salah seorang di antara kalian dalam setiap urusannya, hingga ia pun akan mendatanginya pada saat dia sedang makan.

Apabila suapan makanan salah seorang di antara kalian tercecer, hendaklah dia membersihkan bagian yang kotor kemudian memakannya. Janganlah dia membiarkannya dimakan setan. 

Kemudian apabila telah selesai, hendaklah dia menjilati jari-jemarinya. Karena sesungguhnya dia tidak tahu makanan mana yang mengandung berkah.” (HR. Muslim nomor 2033)

Dari hadis di atas bisa disimpulkan bahwa setan selalu berupaya untuk menyertai manusia dalam segala urusannya, dengan tujuan untuk mencabut keberkahan dari kehidupannya, serta merusak sebagian urusannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here