Ahlan Wa Sahlan Marcel Siahaan

Marcel Siahaan mengaku agama Islam sebagai titik pencarian spiritual hidupnya. (Foto: Tangkapan layar YouTube Daniel Tetangga Kamu)

Jakarta, Mediadakwah.id – Artis sekaligus penyanyi Marcel Siahaan memutuskan untuk memeluk agama Islam. Hal ini terungkap saat dirinya menjadi bintang tamu pada kanal YouTube ‘Daniel Tetangga Kamu’ yang diempu Daniel Mananta.

Sebelum memeluk Islam, Marcel dikenal kerap berpindah-pindah agama yang diakuinya sebagai perjalanan hidup, dan dia mengakui sedari kecil senang mempelajari berbagai ajaran agama yang ada di Indonesia.

“Dulu di TVRI kan ada tayangan acara agama baik Katolik, Protestan, Buddha, Islam, dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Gue paling senang nonton acara Musabaqah Tilawatul Quran,” kata Marcel dikutip dari YouTube ‘Daniel Tetangga Kamu’, Kamis (1/4/2021).

Selain dari tayangan televisi, Marcel pun bercerita jika dirinya sedari kecil mengenal beragam ajaran agama karena keluarga besarnya ada yang beragama Nasrani dan juga Islam.

Saat khadimat di rumah kakeknya sedang menunaikan salat, Marcel yang waktu itu masih kecil sering duduk di sebelahnya dan memperhatikan ibadah wajib setiap Muslim itu.

“Dia (khadimat) yang mengazankan kakek gue waktu di liang kubur, sambil meneteskan air mata,” ungkap Marcel.

Selain itu Marcel juga sering melihat tantenya menjalankan ritual Pagi Teduh dan juga membantu menyajikan makanan saat keluarga lainnya menjadi tuan rumah saat menjamu komunitas Nasraninya.

Namun, pada akhirnya, kata Marcel, setiap perjalanan harus memiliki titik akhir. Dan hal ini dia putuskan saat dirinya membulatkan hati menjadi seorang Muslim.

Gue nyaman dan bisa berbuat banyak hal (dengan menjadi Muslim),” kata Marcel.

Dia menjelaskan, ketika memutuskan diri untuk menjadi seorang Muslim, maka hal tersebut bukan sekadar pencapaian internal spiritual individu semata melainkan untuk orang lain juga.

Dengan menjadi seorang Muslim, Marcel sadar betul bahwa dirinya haruslah membangun struktur yang kuat bagi anak dan istrinya.

“Ini peran gue sebagai imam dan juga kepala keluarga,” kata dia.

Mendengar jawaban Marcel, sang pemandu acara – Daniel – pun penasaran, bagaimana pandangannya terhadap Allah subhanahu wa ta’ala?

Menurut Marcel, Allah merupakan dzat yang memiliki sifat agung dan secara bersamaan juga indah. “Di satu sisi Allah itu kokoh tapi di sisi lain juga loveable. Itu, sih,” pungkas Marcel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here