Arab Saudi Tawarkan Solusi Damai untuk Akhiri Perang Yaman

Arab Saudi menawaran bantuan kemanusiaan dalam salah satu proposal perdamaian perang Yaman yang mereka ajukan. (Foto: AFP)

Riyadh, Mediadakwah.id – Pemerintah Arab Saudi kembali mengupayakan resolusi politik untuk mengakhiri perang di Yaman yang mempertemukan antara koalisi negara-negara Arab dengan milisi Hutsi yang dibekingi Iran.

Pejabat resmi pemerintahan Saudi semenjak tahun 2014 silam menawarkan solusi non-militer untuk mengakhiri krisis yang terjadi di perbatasan sebelah selatan mereka yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan mengakibatkan kerugian ekonomi.

Dilansir dari Arab News, peperangan di Yaman yang sudah berlangsung selama enam tahun tersebut telah menewaskan setidaknya 112 ribu jiwa dan sekitar kurang lebih 24 juta warga sipil membutuhkan bantuan kemanusiaan.

“Kami menginginkan semua senjata tidak lagi diletuskan,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, Selasa (23/3/2021).

Pangeran Faisal menambahkan, Saudi tengah memasukkan upaya kerja sama kemanusiaan, konsensi perekonomian di samping gencatan senjata untuk menyudahi konflik perang di Yaman.

Menurutnya proposal perdamaian yang diajukan Saudi merupakan jalan untuk mencapai solusi politik untuk membuat Yaman menjadi aman. Meski demikian, kata Pangeran Faisal, saat ini bola berada di tangan milisi Hutsi.

“Mereka harus memutuskan antara akan mengutamakan kepentingan Yaman terlebih dahulu atau kepentingan Iran?” kata Pangeran Faisal.

Peperangan di Yaman bermula pada tahun 2011 yang lalu saat sekelompok orang melakukan demonstrasi damai dan berujung pada kekerasan di negara yang memiliki 23 juta jiwa penduduk itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here