ARM dan Alumni IPB Kalsel Salurkan 600 Paket Bantuan serta Air Bersih

ARM dan Himpunan Alumni IPB Kalsel menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. (Foto: istimewa)

Banjarmasin, Mediadakwah.id – Lembaga kemanusiaan Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah Alumni IPB Kalimantan Selatan (DPD HA-IPB Kalsel) menyalurkan 600 paket sembako serta bingkisan anak dan 160 jeriken air minum berkapasitas 18 liter ke Kabupaten Banjar dan Barito Kuala yang terdampak banjir.

Ketua DPD HA-IPB Kalsel, Totok Dewanto mengatakan, ada empat desa di Kabupaten Banjar yang disambangi ARM HA-IPB yaitu Desa Keliling Banteng di Kecamatan Martapura Barat, Desa Paku Alam, Desa Sungai Madang, dan Desa Sei Tandipa di Kecamatan Sungai Tabuk serta Desa Jejangkit Timur, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

“Selain itu ARM dan DPD HA-IPB Kalsel juga menjangkau Kecamatan Hantakan dan Batu Benawa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk menyerahkan enam unit tandon air fiber (toren) berkapasitas 650 liter per tandon untuk membantu kurang lebih 600 kepala keluarga di tiga desa,” kata Totok dalam siaran pers yang diterima Media Dakwah, Senin 22 Februari 2021.

Ketua Umum ARM HA-IPB, Ahmad Husein menjelaskan, bantuan air bersih yang diberikan kepada warga yang terdampak banjir sangat penting bagi mereka. Makanya ARM HA-IPB memberikan enam tandon berkapasitas 650 liter kepada warga yang terdampak.

“Untuk memastikan warga memiliki wadah penampungan ketersediaan air bersih yang layak untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Husein.

Hujan berintensitas tinggi sejak awal tahun 2021 di beberapa wilayah Kalimantan Selatan menyebabkan banjir yang meluas di hampir seluruh wilayah. Pekan ini, hujan deras kembali menyebabkan beberapa kawasan kembali tergenang, memaksa warga untuk kembali waspada dan. Data pihak berwenang setempat menyebut 29.269 KK/39.290 jiwa terdampak dan 9.996 unit rumah terendam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here