Asosiasi Sepak Bola Ghana Beri Lampu Hijau Pemakaian Hijab

Anatu Sadat menjadi Muslimah pesepak bola pertama di Ghana yang mengenakan hijab. (Foto: Islampos)

Accra, Mediadakwah.id – Asosiasi Sepak Bola Ghana membolehkan pemakaian hijab untuk para Muslimah yang berprofesi sebagai pesepak bola.

Keputusan ini diambil pihak asosiasi agar semakin banyak Muslimah di Ghana yang tertarik untuk menekuni karier sebagai pemain lapangan hijau.

Dikutip dari Islampos.com pada Sabtu (20/3/2021), Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sebelumnya melarang pemakaian hijab karena khawatir akan menyebabkan cedera kepala atau leher.

Namun kemudian International Football Association Board (IFAB) kemudian mengizinkan pemakaian penutup kepala dalam tahap uji coba selama dua tahun setelah muncul permintaan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Akhirnya pada bulan Maret 2014 FIFA mencabut larangan hijab atau penutup kepala tersebut, sehingga membuka kesempatan bagi para Muslimah yang ingin meniti karier di dunia sepak bola.

Semenjak FIFA mencabut larangan itu, pihak Asosiasi Sepak Bola Ghana tidak pernah mengumumkannya kepada publik sampai hari ini.

Penyerang kesebelasan Northern Ladies, Anatu Sadat, menjadi Muslimah pesepak bola pertama yang mengenakan hijab saat timnya menghadapi Ampem Darkoa Ladies pada pertandingan ketujuh kompetisi Liga Premier Wanita 2020/2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here