Bahas Geopolitik, Menhan Prabowo Kerjasama Alutsista dengan Jepang

Jakarta, mediadakwah.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menandatangani kesepakatan yang memungkinkan pembelian peralatan pertahanan buatan Jepang, Selasa (30/3/2021). Hal ini diteken di Tokyo dan disaksikan oleh Menhan Jepang Nobuo Kishi.

Dikutip Kyodo News, bersama dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, kesepakatan ini diambil setelah keduanya melakukan pertemuan 2+2 (two plus two) bersama dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi dan Menhan Nobuo Kishi. Ini merupakan balasan dari kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Prabowo menyatakan keterbukannya kepada Jepang untuk mengembangkan alutsista bersama. “Saya mengundang Jepang untuk berpartisipasi dalam industri pertahanan kita dan … dalam modernisasi kapasitas pertahanan Indonesia,” kata Prabowo.

Sementara itu Menhan Kishi juga menyatakan penandatanganan ini membuka pondasi yang kuat bagi kedua negara untuk menjaga keamanan bersama. “Menjadi simbol upaya bersama kita dalam menghadapi ancaman kawasan,” kata Motegi.

Pertemuan preliminary antara Menhan Prabowo dan Menhan Kishi sekitar 15 jam lalu ini, terkait geopolitik di Laut Cina Selatan.

Pasalnya, Cina di bulan Januari lalu mengintroduksi sebuah undang-undang yang membolehkan coast guard mereka menembak ke kapal asing yang berada di dalam teritori yang dianggap perairan mereka.

Jepang merupakan mitra dagang terbesar kedua Indonesia dengan total nilai perdagangan US$ 24,3 miliar. Selain Jepang sebagai investor keempat terbesar di Indonesia. Tahun 2020, ekspor Indonesia ke Jepang sebesar US$ 13,6 miliar atau bertengger di peringkat 14.

Selain melaksanakan pembicaraan mengenai industri pertahanan, pertemuan 2+2 juga membahas kerjasama militer diantaranya; bidang pendidikan, kunjungan pejabat, serta forum dialog sesuai dengan ruang lingkup Nota Kerja Sama dan Pertukaran Bidang Pertahanan 2015. Selain itu, Menhan RI juga mendorong terwujudnya latihan bersama antar kedua angkatan bersenjata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here