Bahas Persiapan Haji, KJRI Jeddah Undang Penyedia Akomadasi

Ibadah Haji. (Foto: Shutterstock)

Jeddah, Mediadakwah.id – Pemerintah terus menyiapkan keberangkatan haji bagi jemaah Indonesia meskipun masih menunggu kepastian dari Kerajaan Arab Saudi.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah pada Kamis 18 Maret 2021 yang lalu bahkan telah mengundang sejumlah calon penyedia akomodasi jemaah di Madinah untuk membahas persiapan haji tahun ini.

Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono mengatakan, persiapan yang dilakukannya sekaligus merupakan tindak lanjut hasil negosiasi calon penyedia layanan jemaah haji 1441 Hijriah yang sempat terhenti akibat pandemi.

“Ada 11 perwakilan calon penyedia akomodasi jemaah haji di Madinah yang hadir pada pertemuan ini,” kata Eko dikutip dari laman Kemenag.go.id, Kamis (25/3/2021).

Dia melanjutkan, agenda yang dilakukan KJRI Jeddah merupakan upaya uantuk saling bertukar informasi seputar penyelenggaraan haji tahun 2021.

Selain itu juga sekaligus untuk mempermudah koordinasi apabila keputusan dari pemerintah Arab Saudi diumumkan suatu saat nanti.

“Sehingga semua pihak dapat melakukan antisipasi dengan cepat dan baik. Namun hingga saat ini KJRI Jeddah belum menerima pernyataan resmi apapun terkait pelaksanaan haji 2021,” kata Eko.

Sementara, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali menjelaskan, para calon penyedia jasa memprediksi kemungkinan besar ibadah haji tahun ini akan dilaksanakan seperti penyelenggaraan umrah saat pandemi.

Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan umrah di masa pandemi namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan kondisi terkini yakni jemaah dikarantina selama tiga hari dan kemudian dites usap PCR.

“Kalaupun ada pemberangkatan jemaah dari luar Saudi, para penyedia hotel menduga akan ada pembatasan karena terkait penerapan protokol kesehatan dan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi,” ujar Endang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here