Bikin Gorengan Bakwan Renyah Antilembek untuk Berbuka Puasa, Yuk!

Ilustrasi gorengan bakwan. (Foto: Piknik Dong)

Jakarta, Mediadakwah.id – Gorengan bakwan menjadi salah satu menu berbuka puasa favorit selama bulan Ramadan. Tentu saja gorengan bakwan akan lebih nikmat jika dimakan pada saat masih panas-panasnya karena pada saat itu masih terasa renyahnya.

Namun tidak sedikit kita menemukan gorengan di pedagang sudah dalam keadaan dingin sehingga menjadi lembek. Lalu bagaimana caranya tetap menjaga kerenyahan gorengan bakwan walaupun sudah dalam keadaan dingin?

Ini dia resep dan trik bikin gorengan bakwan renyah dan antilembek yang Media Dakwah lansir dari laman Beritainspirasi.com, selamat mencoba!

  1. Komposisi Adonan Tepung

Seperti kita tahu pada dasarnya, bakwan adalah adonan tepung yang diisi dengan aneka bahan kemudian digoreng. Bakwan yang enak garing di luar namun masih lembut di dalam sehingga terasa tekstur aneka bahan isinya. Untuk membuat bakwan yang pas seperti ini, rahasianya ada pada adonan tepung yang tepat komposisinya.

Adonan tepung untuk bakwan terdiri dari tepung terigu, telur, bumbu, air, dan perasa. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menambahkan tepung beras dan tepung kanji.

Tujuannya adalah untuk membuat bakwan lebih garing luarnya. Soalnya, kedua tepung ini berfungsi membuat tekstur gorengan lebih keras. Tapi, tak boleh banyak-banyak.

Tepung beras dan tepung kanji yang ditambahkan cukup sedikit saja agar tekstur asli bakwan tetap bagus. Untuk 150 gram tepung terigu protein sedang, kita bisa menambahkan 50 gram tepung beras dan 25 gram tepung sagu. Perpaduan adonan ini akan menghasilkan bakwan garing dan renyah tahan lama.

  1. Tambahkan Baking Powder

Tambahkan bakin powder ke dalam adonan bakwan ataupun gorengan lainnya. Sebab ini bisa membuat gorengan menjadi terasa lebih renyah. Tapi jangan banyak-banyak ya, cukup 1/2 sendok teh per 250 gram tepung.

  1. Tekstur Adonan

Bikin adonan encer, jangan yang kental. Jika adonan bakwan encer maka hasilnya akan menjadi garing dan renyah. Sebaliknya jika adonannya kental maka bakwan bisa jadi keras dan tebal.

Tapi jangan terlalu encer juga sebab adonan bisa tipis dan melebar seperti rempeyek. Pastikan adonan bakwan cukup kental namun tetap bisa disendoki dengan mudah. Nah, itulah tips mudah dalam membuat adonan bahan yang pas.

  1. Tidak Gunakan Telur

Rupanya telur menjadi kunci pada adonan bakwan yang kita buat. Penggunaan telur ternyata dapat membuat adonan menjadi terlalu lembut dan berimbas bakwan rentan lembek. Terutama kalau ternyata bakwan yang kita goreng tidak habis disantap.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya membuat gorengan bakwan anti lembek-lembek klub? Selamat mencoba, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here