BPJPH Dorong ITS dan Perguruan Tinggi Jadi Pionir Riset Halal

Jakarta, mediadakwah.id – Halal Institute bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Institut Teknologi Surabaya (ITS) menggelar pelatihan Penyelia Halal angkatan yang ke-11 pada Senin, (22/03/2021).

Pelatihan tersebut dibuka oleh Sekretaris Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Drs. H. M. Lutfi Hamid, M.Ag. Dalam sambutannya Lutfi menyampaikan bahwa penyelia halal berperan penting dalam Proses Produk Halal (PPH).

“Untuk memastikan Proses Produk Halal berjalan dengan baik di suatu unit usaha, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten sebagai penyelia halal yang bertanggungjawab atas PPH,” kata Lutfi secara virtual.

Lutfi juga berharap perguruan tinggi disebut beberpa kali dalam UU maupun PP, level regulasi mendorong Universitas menjadi pionir pengembangan riset-riset yang beririsan secara signifikan terhadap pengembangan jaminan produk halal.

“Kami berharap Perguruan Tinggi, khususnya ITS tidak berhenti pada Penyelia Halal tetapi juga pada riset-riset terhadap pengembangan produk halal”, ujarnya.

Lebih lanjut Sekertaris BPJPH ini menegaskan, menurutnya soal penerapan setifikasi halal tidak sulit.

“Halal tidak sulit dan bisa diterapkan disegala level, ” tegasnya.

Red: Jaka Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here