BPJPH: Pelaku Usaha Wajib Konsisten Menjaga Kehalalan Produk

Jakarta, mediadakwah.id – Pelaksana Tugas Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Mastuki,menyampaikan bahwa suatu produk telah memperoleh sertifikat halal dari BPJPH, berkewajiban untuk secara konsisten menjaga kehalalan produknya, namun rantai nilai halal selanjutnya.

“Pelaku usaha berkewajiban untuk secara konsisten menjaga kehalalan produknya, namun rantai nilai halal selanjutnya pun harus mampu memastikan produk halal tersebut terdukung dengan baik hingga dikonsumsi oleh masyarakat”, jelasnya dalam Webinar Halal Series bertema ‘Obat Halal, Darurat Sampai Kapan?’ yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dilaksanakan pada Rabu (24/03/2021).

Lebih lanjut, PLT BPJPH ini menyampaikan hal tersebut, akan lebih mudah diwujudkan ketika kesadaran halal masyarakat juga telah terbangun dengan semakin baik.

“Ini tantangan kita bersama, termasuk juga dunia industri, para pelaku usaha, Kementerian/Lembaga dan instansi terkait, perguruan tinggi, dan masyarakat di dalam mengembangakan industri halal nasional,” jelas Mastuki.

Mantan Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama itu juga menekankan soal Halal Value Chain integrasi industri halal mulai dari input, produksi, distribusi, pemasaran, dan bahkan komsumsi merupakan keseluruhan proses yang melibatkan banyak pihak terkait. Oleh karenanya, Mastuki mengatakan bahwa di dalam menerapkan konsep halal dari hulu hingga hilir ini, penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) di Indonesia menggunakan pendekatan telusur atau traceability untuk memastikan kehalalan suatu produk. Dengan demikian, sertifikasi halal tak bisa dilepaskan dari kondisi pra-sertifikasi dan juga pasca-sertifikasi.

“Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal kita di Indonesia menganut konsep halal dari hulu hingga ke hilir. Sertifikasi halal merupakan bagian dari kanal halal value chain atau rantai nilai halal ini,” kata Mastuki melalui saluran virtual.

Red: Jaka Setiawan
Sumber: BPJPH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here