Dua Bukti Cinta Umat Islam kepada NKRI

Jakarta, Mediadakwah.id – Umat Islam memiliki rasa cinta yang sangat luar biasa kepada negara Indonesia. Hal bisa dibuktikan dari dua peristiwa sejarah yang besar yakni Mosi Integral Mohammad Natsir dan Fatwa Jihad Kiai Haji Hasyim Asy’ari.

Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Ustadz Dr. Adian Husaini mengatakan, kecintaan itu tetap terpatri meskipun tokoh dan umat Islam secara umum kecewa terhadap penghapusan tujuh kata di poin pertama Piagam Jakarta pada 18 Agustus 1945 silam.

“Namun tidak membuat mereka bersikap tidak acuh kepada bangsa sendiri,” kata Dr. Adian dalam pidato sambutan ‘Memperingati Mosi Integral Mohammad Natsir’ yang digelar oleh Uhamka dan MPR RI, kemarin.

Sementara penulis buku Biografi Mohammad Natsir, Luqman Hakiem mengatakan, semangat yang dijunjung Pak Natsir dan tokoh-tokoh Islam lainnya ketika itu adalah semangat kekitaan, yaitu dari kita (umat Islam) untuk kami (bangsa Indonesia).

Dia melanjutkan, mengutip pernyataan Pak Natsir disebutkan bahwa kita (umat Islam) bisa menjadi seorang Muslim yang baik, yang dengan riang gembira menyanyikan Indonesia tanah airku.

“Jadi di saat yang sama, seseorang bisa menjadi Muslim sekaligus warga negara yang baik,” kata Luqman.

Sedangkan menurut Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, Mosi Integral Natsir telah membuktikan bahwa agama Islam dan Muslim adalah bagian yang sangat penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sejak awal kehadirannya.

Berkat perjuangan, semangat, dan kerja keras Pak Natsir dalam mewujudkan Mosi Integral maka Indonesia berhasil disatukan dan diselamatkan dari kehancuran.

Menurut dosen Sejarah dan Peradaban Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, di tengah-tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini, spirit Mosi Integral Natsir memperkuat dan membuktikan kesatuan serta mewujudkan tujuan kemerdekaan seamkin relevan dan mendesak dilakukan.

“Maka sangat beralasan jika Mohammad Natsir dikukuhkan sebagai Bapak NKRI,” kata Sudarnoto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here