Frustrasi, Rencana Jahat Abu Lahab Tak Membuahkan Hasil

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Mediadakwah.id – Abu Lahab frustrasi karena segala upayanya dalam membendung aktivitas dakwah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam tidak membuahkan hasil.

Tekad Nabi Muhammad SAW, keponakan Abu Lahab, tetap teguh meskipun upaya jahat kaum Quraisy di tak ada henti-hentinya. Tapi Abu Lahab tidak kehabisan rencana jahat.

Dia pun segera memerintahkan kedua anak laki-lakinya untuk menceraikan kedua putri Rasulullah; Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Dihadapkan dengan ujian lainnya tidak membuat Rasulullah gentar sedikit pun. Bahkan Nabi shallallahu’alaihi wasallam mengajak Abu Lahab, pamannya, untuk masuk Islam.

“Wahai Muhammad, apakah engkau ingin agar aku bersaksi di hadapan Tuhanmu bahwa engkau telah menyampaikan risalah?” jawab Abu Lahab setelah menerima ajakan dari Rasulullah.

Mendapatkan jawaban itu, akhirnya Rasulullah memilih untuk menyingkir pergi meninggalkan pamannya. Namun sepeninggal kepergian kemenakannya, Abu Lahab membuat sebuah pengakuan kepada para sahabatnya.

“Aku tahu bahwa dia sesungguhnya berada di jalan yang benar,” kata Abu Lahab.

Namun dia tetap memusuhi Rasulullah meski hati kecilnya mengakui kebenaran Nabi shallallahu’alaihi wasallam dan juga agama Islam.

Sumber: The Great Story of Muhammad/Ahmad Hatta dkk/Maghfirah Pustaka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here