Indonesia Layak Jadi Model Negara Muslim Lainnya

Jakarta, Mediadakwah.id – Indonesia layak menjadi model bagi negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya karena memiliki stabilitas politik yang cukup bagus.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin mengatakan, infrastruktur sosial merupakan komponen utama untuk membangun stabilitas sosial dan politik.

“Indonesia memiliki kekhasan dan keunikan yakni adanya infrastruktur sosial yang sangat kokoh,” kata Kamaruddin dikutip dari laman Bimasislam.kemenag.go.id, Rabu (31/3/2021).

Kamaruddin melanjutkan, kondisi ini patut disyukuri mengingat Indonesia juga memiliki tingkat keberagaman yang tinggi baik di bidang agama, sosial, suku, ras, termasuk kondisi geografis.

“Kita memiliki basis sosial keislaman. Kita mempunyai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang secara umum memiliki paham keagamaan moderat,” tambahnya.

Kamaruddin mengingatkan adanya pengaruh globalisasi baik di bidang politik, ekonomi, maupun teknologi informasi. Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik demi menjaga kenyamanan dan kedamaian di Indonesia.

“Kita fokus menyampaikan dan mewujudkan moderasi beragama karena itulah yang mengantarkan kita pada kehidupan yang damai dan tenteram sehingga Indonesia diakui dunia sebagai negara dengan stabilitas politik dan sosial yang bagus,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here