Jokowi: Sampai Juni 2021 Tidak Ada Impor Beras!

Jakarta, mediadakwah.id – Polemik soal impor beras dari Thailand dan Vietnam kembali mencuat dan mengundang beragam komentar dan kritikan dari berbagai pihak. Khususnya dari beberapa pakar dan pemerintah sendiri.

Melihat keriuhan yang terjadi, presiden Joko Widodo melalui Sekretariat Presiden pada (26/3/21), secara tegas menyatakan bahwa tidak akan ada impor komoditas beras hingga bulan Juni 2021 mendatang. Jokowi juga mengklaim, selama hampir tiga tahun belakangan ini, Indonesia tidak melakukan impor terhadap komoditas pangan tersebut.

 “Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia. Kita tahu, sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras,” ujar Presiden dalam pernyataannya di Istana Merdeka.

Ia paham bahwa di masa sekarang ini hasil panen begitu melimpah. Namun harga beras di tingkat petani masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Itulah mengapa sejak Tiga tahun belakangan ini Indonesia sama sekali tidak impor beras. 

Kabar adanya Memorandum of Understanding (MOU) antara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam soal impor beras memang benar adanya. 

Tapi, Jokowi menegaskan bahwa itu hanya untuk berjaga-jaga. Mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. “Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk!”

Pria asal Surakarta itu memastikan beras hasil panen para petani akan diserap Badan Urusan Logistik (BULOG). Mengenai anggarannya, Menteri Keuangan akan segera ia perintahkan untuk mengurusnya. 

“Oleh sebab itu, saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” ujar presiden Indonesia ketujuh itu.

Red: Jaka Setiawan
Rep: Fatih Madini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here