Kapan Sebaiknya Menunaikan Zakat Fitrah?

Waktu terbaik untuk menunaikan zakat fitrah yaitu sebelum Salat Id. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Mediadakwah.id – Setiap Muslim yang mampu berkewajiban untuk menunaikan zakat fitrah yang takaran serta waktunya telah ditetapkan Allah melalui contoh dari Rasulullah SAW dan para sahabat.

Pertanyaannya, kapankah sebaiknya kita menunaikan zakat fitrah? Ustaz Zain An-Najah dalam buku ‘Panduan Zakat Praktis’ menerangkan, waktu paling utama membayarkan zakat fitrah yakni pada pagi hari sebelum Salat Id.

“Sehingga kita disunahkan mengakhirkan Salat Id untuk memberi kesempatan kepada kaum Muslimin membayarkan zakat fitrahnya kepada fakir miskin,” kata Ustaz Zain dikutip dari laman Laznas Dewan Dakwah, Sabtu (1/5/2021).

Ustaz Zain melanjutkan, adapun kewajiban zakat fitrah mulai dilakukan setelah terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadan sebelum dilaksanakan Salat Id.

Adapun dalil yang menjelaskan hal tersebut yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ، وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

“Barang siapa yang membayar zakat fitrah sebelum Salat Id, maka termasuk zakat fitrah yang diterima; dan barang siapa yang membayarnya sesudah Salat Id maka termasuk sedekah biasa (bukan lagi dianggap zakat fitrah).” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Ustaz Zain menjelaskan, hadis tersebut menjelaskan siapa saja yang membayar zakat setelah Salat Id maka hanya terhitung sedekah biasa. “Pelakunya juga telah berdosa karena mengundur-undurkan pembayaran zakat fitrah dari waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

Umat Islam juga dibolehkan membayar zakat fitrah pada bulan Ramadan sekitar satu atau dua hari sebelum Hari Raya Id. Menurut Ustaz Zain, hal ini pernah dicontohkan oleh sahabat Ibnu Umar radhiyallahu’anhu.

“Bahkan sebagian ulama membolehkan membayar zakat pada awal atau pertengahan bulan Ramadan,” kata Ustaz Zain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here