Kemenag Ajak Masyarakat Awasi Lembaga Pengelola Zakat Bermasalah

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Mediadakwah.id – Kementerian Agama mengajak masyarakat untuk mengambil bagian mengawasi lembaga pengelola zakat yang bermasalah dengan melaporkannya kepada Kemenag.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor mengatakan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 Pasal 35 dijelaskan bahwa masyarakat dapat berperan dalam pengawasan lembaga zakat yang bermasalah.

“Bisa dilaporkan melalui situs simbi.kemenag.go.id/simzat,” kata Tarmizi dikutip dari laman Bimasislam.kemenag.go.id, Senin (29/3/2021).

Tarmizi melanjutkan, Kemenag sebagai pengawas tidak bisa bekerja sendiri dalam mengawasi lembaga zakat yang bermasalah.

Dia menjelaskan, untuk mengawasi sekitar 685 organisasi pengelola zakat resmi yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia diperlukan pihak yang paling dengan lokasi mereka.

“Makanya perlu peran serta masyarakat untuk membantu mengatasi masalah ini,” kata Tarmizi.

Menurutnya, Kemenag tidak akan segan-segan mencabut izin lembaga yang terbukti menyalahgunakan kepercayaan masyarakat.

Selain itu verifikasi perizinan secara berlapis pun dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebelum lembaga zakat diperbolehkan beroperasi.

“Hasil rekomendasi Baznas dilakukan verifikasi akhir oleh Kemenag, sehingga diharapkan LAZ yang diberikan izin betul-betul bekerja untuk umat,” urainya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here