Kisah Sahabat Nabi yang Berjumpa dengan Jin Pencuri

Jakarta, Mediadakwah.id – Kisah-kisah yang berhubungan dengan makhluk jin yang gemar mencuri sering kali kita dengar di kalangan masyarakat Indonesia. Ada yang menyebut kalau yang gemar mencuri itu sebagai tuyul, babi ngepet, dan sejenis hewan jadi-jadian lainnya.

Rupanya salah seorang sahabat Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam juga pernah mengalami hal yang serupa. Dia adalah Ubay bin Kaab radhiyallahu’anhu yang pernah mendapati kurma yang ditaruh di wadahnya berkurang setelah disimpan.

Dilansir Islampos, setelah mengetahui jumlah kurmanya yang disimpan berkurang, maka Ubay bin Kaab pun berjaga-jaga setiap malam. Siapa tahu pencuri itu akan kembali ke rumahnya dan mengambil kurma dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya.

Hingga pada suatu malam, muncul sesosok makhluk di rumah Ubay bin Kaab saat dirinya tengah menjaga kurma miliknya. Bentuk makhluk itu mirip anak kecil yang sudah baligh. Ubay pun memberi salam tetapi makhluk itu tidak menjawabnya.

“Kamu manusia atau jin?” tanya Ubay bin Kaab.

Makhluk berwujud anak-anak itu menjawab singkat, “Jin.”

Ubay pun kemudian meminta makhluk itu menunjukkan tangannya. Rupanya tangan makhluk itu mirip dengan kaki anjing dan rambutnya pun rambut anjing.

“Beginikah bentuk jin?” tanya Ubay lagi.

Makhluk itu menjawab, “Engkau telah mengenal bentuk jin, tetapi di antara mereka ada yang lebih menakutkan dariku.”

Tanpa gentar Ubay bin Kaab kembali bertanya, “Mengapa engkau mencuri?”

Jin itu menjawab, “Aku mendengar bahwa engkau adalah orang yang gemar bersedekah, karena itu aku ingin mendapatkan sebagian dari makananmu.”

Ubay bin Kaab semakin penasaran, dia pun bertanya, “Apa yang dapat menghalangi kalian dari mengganggu kami?”

“Ayat kursi,” kata jin itu.

Setelah melewati malam itu, Ubay pun menemui Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pada keesokan harinya dan menceritakan kejadian yang telah dilaluinya. 

Lalu Rasulullah bersabda, “Makhluk buruk berkata benar.” [Hadis Riwayat Ibnu Hibban]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here