KUA Berpotensi Dikembangkan menjadi Sentra Ekonomi Umat

Tangerang, Mediadakwah.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan mengembangkan Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi sentra pengembangan ekonomi umat di masa depan.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, dari sisi kelembagaan program yang bisa disinergikan yaitu Direktorat Zakat dan Wakaf untuk mengembangkan ekonomi umat.

“Saya juga telah meminta Direktorat Zakat dan Wakaf untuk mengkaji secara serius tentang potensi KUA menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang nanti akan bekerja sama dengan Baznas,” kata Kamarudin dikutip dari laman Bimas Islam Kemenag, Senin (3/5/2021).

Menurut Kamaruddin, KUA yang letaknya sangat lekat dengan masyarakat, yaitu di tingkat Kecamatan yang memiliki binaan cukup besar, adanya Penyuluh Agama untuk secara terus menerus memberikan literasi dan pencerahan kepada masyarakat.

“Selain itu, bisa mengajak masyarakat untuk menghidupkan filantropi Islam untuk menghidupkan keuangan sosial atau Ziswak (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf), kalau ini bisa diwujudkan tentu UPZ bisa berfungsi sebagai sentra pusat pengembangan ekonomi umat, yang akan mensejahterahkan yang akan membina masyarakat yang ada di sekitarnya,” paparnya.

Doktor Rheinischen Friedrich Wlhems Universitaet Bonn, Germany itu berharap, KUA benar-benar bisa menjadi pusat pengembangan ekonomi umat.

“Hal tersebut akan terus dikaji visibilitasnya untuk mengambil sebuah kebijakannya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here