LAZ Harus Menjadi Solusi di Tengah Pandemi

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Mediadakwah.id – Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus menjadi solusi atas masalah ekonomi yang menimpa masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Setditjen Bimas Islam Kementerian Agama, M. Fuad Nasar, mendorong agar kehadiran LAZ dapat memberikan manfaat bagi masyarakat umum, bukan hanya bagi umat Muslim.

“Pelayanan lembaga pengelola zakat harus diketahui semua kalangan masyarakat yang berkepentingan dan yang memerlukan bantuan,” kata Fuad dikutip dari Kemenag.go.id, Kamis (18/3/2021).

Fuad menginginkan para amil zakat di semua lembaga dapat melaksanakan tugas secara konsisten, mengedepankan sikap ikhlas dan ihsan dalam melayani umat.

“Saat ini adalah satu momen yang sangat penting bagi semua lembaga pengelola zakat di tanah air, untuk bersama-sama meresapi amanah dan tanggung jawab dalam merealisasikan manfaat zakat tersebut,” imbuhnya.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam UU 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yang berisikan bahwa menunaikan zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu sesuai dengan syariat Islam.

“Serta merupakan pranata keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here