Lembaga Pengelola Zakat Jangan Lupa Lakukan Audit

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, Mediadakwah.id – Seluruh lembaga pengelola zakat patut untuk melakukan kepatuhan syariah dan audit untuk meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi Tohor mengatakan, jika sebuah lembaga pengelola zakat berstatus kredibel dan akuntabel maka akan turut meningkatkan kepercayaan masayrakat kepada mereka.

“Tentu masyarakat yang membayar zakat akan semakin banyak,” kata Tarmizi dikutip dari laman Bimasislam.kemenag.go.id, Senin (22/3/2021).

Dia melanjutkan, dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dijelaskan tentang dua peraturan yang mesti dilakukan lembaga pengelola zakat yakni audit keuangan dan syariah.

“Jadi audit syariah bagi lembaga pengelola zakat menjadi sangat penting. Karena bagi muzaki, mereka pasti ingin kepastian apakah zakat yang mereka tunaikan dikelola dengan baik dan sesuai syariah,” ujarnya.

Menurut Tarmizi, semakin bertambahnya kepercayaan masyarakat kepada lembaga pengelola zakat juga akan berdampak terhadap peningkatan pengumpulan zakat nasional.

“Audit syariah dapat mewujudkan pelayanan dan pengelolaan zakat yang terpercaya, aman, nyaman dan sesuai syariah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here