Mohamad Salah, Raja Mesir di Liverpool yang Berhasil Turunkan Angka Islamofobia

Mohamad Salah. (Foto: net)

Jakarta, Mediadakwah.id – Di dalam Al-Qur’an, kita mengetahui sebuah kisah tentang raja negeri Mesir yang sangat lalim kepada rakyatnya dan menolak untuk mengakui Allah sebagai Rabb Semesta Alam.

Kini, sejak beberapa tahun yang lalu, muncul Raja Mesir baru di Kota Liverpool, Inggris. Berambut keriting, kaki-kaki lincahnya kerap menghibur rakyat yang tergabung sebagai Liverpudlian, dan sering menghadirkan senyum bahagia.

Dia adalah Mohamad Salah, penyerang kesebelasan Liverpool FC yang telah mengubah warna budaya dan sosial di sana. Bagaimana tidak, kehadiran Salah telah berhasil mengurangi angka Islamofobia di kota pelabuhan itu.

Sejak kedatangannya ke Merseyside pada tahun 2017 silam Salah langsung membuat para fans jatuh hati. Bahkan sampai-sampai mereka membuatkan syair yang salah satu baitnya mengatakan para fans Liverpool akan ikut Salah ke masjid dan juga memeluk agama Islam jika Salah terus mencetak gol.

Bukan hanya itu, berdasarkan penelitian dari Universitas Stanford menyatakan sejak kedatangan Salah pada dua tahun yang lalu angka kejahatan anti-Muslim turun sebesar 18,9% sejak saat itu. Ungkapan-ungkapan kebencian terhadap Islam atau Islamophobia yang dilakukan oleh para pendukung Liverpool pun turun drastis sebesar 50 persen.

Drastisnya penurunan ungkapan kebencian terhadap ras atau satu agama seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Maka tidak heran jika kehadiran Salah dianggap sebagai faktor terbesar yang dapat membuat perubahan tersebut.

Studi dari Universitas Standford itu berpendapat sikap Salah yang ramah terhadap orang lain telah membawa dampak positif bagi komunitas Muslim di Liverpool dan mengubah paradigma negatif tentang Islam.

Berkat prestasi ciamik di atas lapangan dan baiknya akhlak di luar lapangan, majalah TIME juga memasukkan nama Salah ke dalam 100 orang yang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here