Mohammad Ahsan Atlet Pebulu Tangkis yang Berusaha Taat Beragama

Mohammad Ahsan selalu berusaha menjalani ajaran agama Islam semampunya. (Foto: Okezone Sports)

Jakarta, Mediadakwah.id – Atlet pebulu tangkis Mohammad Ahsan kerap mengundang decak kagum saat berlaga di atas lapangan pada setiap turnamen yang dia lakoni. Tak heran jika dirinya berhasil menyabet tiga gelar kejuaraan dunia sepanjang kariernya.

Namun selain itu ada pemandangan lain yang membuat para pecinta bulu tangkis tanah air kagum dengan Mohammad Ahsan. Mulai dari cara berpakaiannya pada saat bertanding hingga kebiasaan dirinya meminum air sambil duduk atau setengah duduk.

Peristiwa itu terjadi sekitar empat tahun yang lalu. Kala itu warganet Indonesia dihebohkan dengan cara Ahsan minum yang sambil setengah duduk. Padahal atlet-atlet lainnya minum sambil berdiri.

Ahsan juga beberapa kali tertangkap kamera tidak menyalami wasit ataupun hakim garis pertandingan apabila mereka kaum Hawa. Dia pun berupaya menutupi kakinya hingga setengah selama pertandingan dengan menggunakan legging dan kerap berselebrasi dengan gerakan sujud syukur.

“Saya hanya berusaha menerapkan ajaran agama saya, yakni agama Islam semampu yang saya bisa,” kata Ahsan dikutip dari laman Republika.co.id, Selasa (20/4/2021).

Dia bercerita semuanya mengalir begitu saja. Namun dia tidak terlalu ingin memikirkan jika ada perilakunya di atas lapangan kemudian menjadi pembicaraan di dunia maya dan media sosial.

“Kalau ada yang menganggap baik dan mencontoh apa yang saya lakukan, Alhamdulillah,” ujar Ahsan.

Ahsan bercerita semua bermula ketika dirinya mulai mantap menggunakan legging pada awal tahun 2016 yang lalu. Ketika itu ia baru saja pulang dari menunaikan ibadah umrah di Kota Makkah.

Setelah bertekad menggunakan legging, kemudian segalanya mulai mengalir begitu adanya. Semenjak dia tahu bahwa ajaran Islam dan sunnah Rasulullah SAW untuk tidak bersentuhan dengan yang bukan mahromnya serta makan/minum sambil duduk, maka diapun mengikutinya.

Dia mengaku mendapatkan ilmu tentang adab-adab Islam tersebut dari pengajian di dekat rumahnya ataupun dari buku-buku serta artikel-artikel di internet yang dibacanya.

“Setelah diikuti saya menjadi lebih tenang terlebih pada saat menjalani pertandingan,” kata Ahsan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here