MUI Ajak Umat Islam Indonesia Bantu Atasi Krisis Yaman

Ketua MUI Bidang HLNKI Sudarnoto Abdul Hakim. (Foto: MUI)

Jakarta, Mediadakwah.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada umat Islam Indonesia untuk menggalang bantuan demi mengatasi krisis kemanusiaan dan kelaparan di Yaman akibat peperangan yang terjadi di sana.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLNKI), Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan, pihaknya merasakan prihatin yang mendalam atas bencana kelaparan yang terjadi di Yaman.

“MUI menyerukan kepada umat Islam Indonesia umumnya, dan ormas Islam dan lembaga kemanusiaan di Indonesia khususnya untuk menggalang dana guna membantu saudara kita di Yaman yang sedang mengalami kelaparan akibat peperangan tersebut,” katanya dikutip dari laman resmi mui.or.id, Rabu 10 Maret 2021.

Dia menjelaskan, respons MUI atas bencana kelaparan di Yaman berdasarkan pada seruan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang meminta negara lain sedunia untuk membantu mengatasi masalah kemanusiaan yang terjadi di sana.

MUI, kata Sudarnoto, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PBB. “MUI menilai PBB berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman sejak perang terjadi pada tahun 2015,” katanya.

Sedangkan Wasekjen MUI Bidang HLNKI, Habib Ali Hasan Bahar menyatakan, pihaknya mendesak semua organ yang terlibat dalam peperangan di Yaman agar segera melakukan gencatan senjata serta melakukan perundingan untuk menyelesaikan pertikaian secara damai sesusai dengan spirit Islam yaitu kedamaian.

“MUI mengimbau Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan koordinasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) maupun PBB untuk membantu penyelesaian konflik secara damai, dan membantu mengatasi kelaparan di negeri itu,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here