MUI Imbau Umat Islam Bantu Korban Bencana Alam di NTT

Majelis Ulama Indonesia mengimbau umat Islam mengulurkan tangannya membantu korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur. (Foto: Humas MUI)

Jakarta, Mediadakwah.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam di Indonesia dan juga para aghniya (dermawan) untuk mengulurkan tangannya guna meringankan beban masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdampak bencana alam.

Ketua Umum MUI, Kiai Haji Miftachul Akhyar mengatakan, bantuan yang disalurkan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang tertimpa musibah.

“Bantuan bisa disalurkan melalui berbagai lembaga yang kredibel dan dipercaya,” kata Kiai Miftachul dalam siaran pers yang diterima Media Dakwah, Rabu (7/4/2021).

Kiai Miftachul menerangkan, bencana alam yang bisa menimpa siapapun ini merupakan musibah, ujian, ataupun cobaan.

Selain itu, lanjut kiai, bencana juga merupakan peringatan kepada seluruh umat manusia agar selalu mawas diri, berserah diri, dan memperbaiki diri.

“Bencana bisa saja terjadi karena faktor perilaku manusia, seperti menurunnya etika dalam memperlakukan alam sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem,” kata Kiai Miftachul.

Kiai Miftachul menjelaskan, Lembaga Penanggulangan Bencana MUI juga akan turut serta menanggulangi bencana di NTT untuk mengurangi beban para penyintas dan membantu pemerintah.

“Kami akan berkoordinasi dengan MUI Provinsi dan kabupaten/kota di sana, begitu juga dengan ormas lainnya. MUI juga akan menyalurkan bantuan serta membuka kesempatan bagi dermawan yang ingin berkontribusi,” kata Kiai Miftachul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here