MUI Terbitkan Fatwa Vaksinasi Covid-19 pada Bulan Ramadhan

Komisi Fatwa MUI menetapkan fatwa vaksinasi Covid-19 boleh dilakukan pada bulan Ramadhan. (Foto: MUI)

Jakarta, Mediadakwah.id – Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan fatwa terkait hukum vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam sedang berpuasa yang tertuang pada Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021.

Ketua Bidang Fatwa MUI, Kiai Asrorun Niam Sholeh mengatakan, fatwa yang ditetapkan ini merupakan panduan bagi umat Islam agar dapat menjalankan saum Ramadhan dengan memenuhi kaidah keagamaan.

“Dan pada saat yang sama dapat mendukung upaya mewujudkan herd immunity dengan program vaksinasi Covid-19 secara masif,” kata Kiai Asrorun dalam siaran pers yang diterima Media Dakwah, Selasa (16/3/2021).

Dia melanjutkan, secara ketentuan hukum, MUI memandang vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan cara intramuscular atau disuntikkan melalui otot tidak membatalkan puasa seorang Muslim.

Adapun hukum melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa dengan cara injeksi intramuscular adalah boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar).

“Pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa,” katanya.

Selain itu, MUI juga merekomendasikan pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19 pada malam hari di bulan Ramadhan kepada umat Islam. Pasalnya kondisi kaum Muslim yang sedang berpuasa pada tengah hari dikhawatirkan dapat membahayakan karena kondisi fisiknya sedang lemah.

“Umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19,” pungkas Kiai Asrorun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here