Muktamar 3, ICMI Muda Pilih Tumpal Panggabean Jadi Ketua

Lombok, Mediadakwah.id- Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Muda (ICMI Muda) usai menggelar Muktamar Ke -3 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Dalam acara yang dihadiri para tokoh muda nasional itu, terpilih Dr.H. Tumpal Panggabean. MA menjadi Ketua Presidium ICMI Muda 2021-2026.

Doktor filsafat Pemikiran Politik Islam itu terpilih, setelah tim formatur yang terdiri dari perwakilan regional ( Majelis Pimpinan Wilayah), Majelis Istiqomah dan Majelis Pimpinan Pusat serta perwakilan Tiknas melakukan musyawarah.

Dr. H. Tumpal Panggabean. MA didampingi Dr. Dina. MSi sebagai Sekretaris Jendral dan berserta 6 anggota Presidium sebagai perwakilan regional.

Muktamar ICMI Muda ke-3 mengusung tema ‘Membangun Suber Daya Manusia dan Sinergisitas Untuk Kemandirian Organisasi dalam Mewujudkan Kepemimpinan Ummat’ digelar pada tanggal 27-28 Februari 2021.

Ketua presidium terpilih Tumpal Panggabean mengatakan, ICMI Muda ingin menyuarakan apapun kondisi dan situasinya cendikiawan muda Indonesia harus tetap berkarya.

“Kita tidak boleh berhenti, tidak boleh putus asa, kita harus terus melakukan terobosan-terobosan baru, inovasi baru, gaya-gaya baru, karena kita anak muda era baru,” kata dia dalam sambutannya.

Ia bertekad untuk mengemban amanah sebaik-baiknya dengan menjalin sinergi bersama. “Ini adalah amanah sangat besar dari sahabat-sahabat ICMI Muda, tentu saya akan berupaya menjalankan amanah ini sebaik-baiknya, saya akan berupaya dengan sinergitas bersama semuanya,” tambah Tumpal.

Sementara itu, Ketua Majelis Istiqomah, A.M. Iqbal Parewangi dalam paparan strategis menyinggung peranan cendekiawan muda dalam membangun Indonesia.

“Bangsa Indonesia memiliki ruh yang sangat khas, yaitu muda dan cendikia. Karena muda saja tidak cukup maka haruslah muda yang cendikia, berspirit muda dengan identitas kuat dan berkomitmen pada ke-Indonesiaan. Dengan dua identitas dasar yaitu diawali dengan kecendikiaan dan ditutup dengan kepemudaan,” jelasnya.

Para tokoh muda nasional yang hadir secara daring maupun luring antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkiflimansyah. Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah dan tokoh muda nasional Prof. Nur Firdaus.

Selain itu turut hadir para pendiri dan deklator ICMI Muda A.M. Iqbal Parewangi dan Saparudin Hamdani, Presidium ICMU Muda, MPP, MPW MPD dan para sahabat ICMI Muda.

Muktamar ICMI Muda ke-3 Mandalika juga melahirkan tujuh rekomendasi strategis untuk bangsa, antara lain ada 4 rekomendasi eksternal yaitu:

  1. ICMI muda mendorong tampilnya kepemimpinan nasional yang cendikia dan berspirit muda
  2. ICMI muda bersinergi untuk mewujudkan kepemimpinan ummat
  3. ICMI muda berkomitmen untuk berperan aktif pada keselamatan, Kesehatan, dan kedaulatan anak bangsa termasuk membangun food security dan pandemi.
  4. ICMI Muda menilai pariwisata Lombok adalah part of the future pariwisata Indonesia

Sementara tiga rekomendasi strategis lainnya tersebut bersifat internal untuk mewujudkan kemandirian organisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here