Pekan Tilawatil Qur’an Dinilai Semakin Berkualitas

Palembang, Mediadakwah.id – Pekan Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional ke-51 di Palembang Sumatera Selatan mengalami peningkatan kualitas meski dihelat di tengah pandemi Covid-19. Hal ini seperti disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi.

“Secara teknis lomba, kita menggunakan aplikasi E-Maqra yang baru pertama kali digunakan pada PTQ ke-51 ini. Aplikasi ini sangat memudahkan pelaksanaan musabaqah karena paperless,” ungkap Juraidi di Palembang, Selasa (4/5/21).

Pria yang juga merupakan Ketua Dewan Hakim dalam PTQ Nasional ke-51 ini menambahkan, aplikasi E-Maqra ini juga menambahkan kepercayaan peserta dan official.

“Tentu saja ini menghilangkan kecurigaan terkait kebocoran soal atau pengaturan Maqra,” tambahnya.

Selain aplikasi tersebut, peningkatan kualitas PTQ Nasional ke-51 ditopang oleh Dewan Hakim yang merupakan para pakar Al-Qur’an sekaligus aktivis dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional dan internasional.

“Insyaallah kualitasnya terus bertambah, apalagi dengan adanya Dewan Hakim terpilih dari mereka yang berkompeten dan para praktisi MTQ. Ini sangat meningkatkan trust para peserta dan official,” pungkas Juraidi.

Gelaran PTQ Tingkat Nasional ke-51 dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru pada Sabtu (1/5/21). Pada PTQ ke-51, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia secara resmi bekerja sama dengan Kementerian Agama melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam.

PTQ ke-51 yang dilangsungkan sampai Selasa (4/5/21) ini terdiri dari 3 cabang musabaqah. Cabang Tilawah diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari 65 satuan kerja (Satker) RRI. Sedangkan Cabang Tahfiz 15 Juz dan Tausiah masing-masing diikuti 34 peserta yang berasal dari 17 Koordinator Wilayah (Korwil) RRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here