Pengurus Dewan Dakwah Aceh Baru Dilantik

0
45
Pengurus Dewan Dakwah Aceh yang baru dilantik pada Sabtu 20 Februari 2021 yang lalu.

Aceh, Mediadakwah.id – Dewan Dakwah Aceh memiliki struktur kepengurusan baru seusai Wakil Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Pusat, Ustaz H. Amlir Syaifa Yasin melantiknya pada Sabtu 20 Februari 2021 malam kemarin di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Menurut ketua panitia pelantikan, Enzus Tinianus, para pengurus Dewan Dakwah Aceh yang dilantik kemarin akan mengemban amanah selama lima tahun ke depan.

“Mereka yang terpilih sebagai pengurus merupakan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) V Dewan Dakwah Aceh yang dilaksanakan pada Minggu 22 November 2020 yang lalu,” kata Enzus dikutip dari laman dewandakwahaceh.com pada Minggu 21 Februari 2021.

Enzus melanjutkan, pelantikan kepengurusan Dewan Dakwah Aceh turut dihadiri oleh Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam, Nova Iriansyah yang diwakili oleh Kepala Dinas Dayah Aceh Zahrol Fajri.

Dalam pidato sambutannya Nova mengatakan, pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk organisasi masyarakat (ormas) Islam dalam menyukseskan program unggulannya termasuk Aceh Meuadab.

“Aceh Meuadab berfokus mengembalikan khittah Aceh sebagai Serambi Mekkah melalui implementasi nilai-nilai syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari,” kata Zahrol.

Zahrol melanjutkan, Dewan Dakwah Aceh sebagai salah satu ormas Islam yang menjadi wadah berkumpulnya para cendekiawan dan intelektual muslim diharapkan turut mengambil peran dalam penguatan pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

“Kami yakin, dengan kecerdasan ilmu yang dimiliki dapat digunakan untuk tujuan memperbaiki tatanan kehidupan masyarakat muslim di Aceh,” ujar Zahrol.

Menurutnya, saat ini dibutuhkan peningkatan sinergitas antara Dewan Dakwah Aceh dengan pemerintah setempat untuk melahirkan generasi masa depan yang berkualitas terbaik lahir dan batin, berkarakter, bermental juang tinggi, dan berakhlak mulia.

“Kami yakin dan percaya, bahwa pengurus Dewan Dakwah Aceh yang baru dilantik ini akan dapat menyusun rencana kerja secara baik,” pungkas Zahrol.

Sementara Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh, Dr. Muhammad AR., Med., dalam sambutannya menyatakan selama tujuh tahun terakhir pihaknya sangat berfokus dalam upaya menjaga daerah perbatasan Aceh dari pendangkalan akidah, permurtadan, dan pembinaan mualaf.

Salah satu upaya yang dilakukan Dewan Dakwah Aceh, lanjutnya, yaitu dengan mendirikan Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh yang para mahasiswanya berasal dari daerah perbatasan di antaranya Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, dan Simeulue.

Adapun para mahasiswa tersebut menempuh pendidikan selama satu tahun di ADI Aceh sebelum melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohd. Natsir di Bekasi, Jawa Barat.

“Setelah menjadi sarjana, mereka ditempatkan kembali ke daerah perbatasan Aceh untuk mengawal dan menjaga daerah tersebut. Saat ini ADI Aceh sudah melahirkan 12 sarjana dan ini sangat diharapkan dukungan penuh dari semua pihak,” pungkasnya.

Untuk informasi Kepengurusan Dewan Dakwah Aceh terdiri dari Majelis Syura, Pengurus Harian, Bidang-bidang dan Badan-badan khusus.
Adapun Majelis Syura Dewan Dakwah Aceh diketuai oleh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan, MCL MA dan sekretaris Said Azhar, SAg.

Berikut susunan lengkap Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh 2021-2026:

Pengurus Harian

Ketua : Dr Muhammad AR, MEd

Wakil Ketua I : Drs Bismi Syamaun

Wakil Ketua II : Enzus Tinianus, SH MH

Wakil Ketua III : Dr Abizal Muhammad Yati, Lc MA

Wakil Ketua IV : Dr Rahmadon Tosari Fauzi, MEd PhD

Sekretaris : Zulfikar, SE MSi

Wakil Sekretaris I : Hanisullah, S.KomI, MPd

Wakil Sekretaris II : Murdani Amiruddin Tijue, S.PdI

Wakil Sekretaris III : Reza Adlani, S.SosI

Bendahara : Dr Ridwan Nurdin, SE MSi
Wakil Bendahara I : Taufiqurrahman, SE
Wakil Bendahara II : Arnisah Phonna

Dan dilengkapi dengan 16 bidang dan 3 badan khusus.

Luar Negeri : Ir Nazar Idris MP

Pendidikan : Khatib A Latief Mlis

Penempatan dan Pembinaan Dai : Muhammad Muslim MA

Pembinaan Keluarga : Dr Saifullah Yunus Lc MA

Pengembangan Studi Al Quran : Dr Syahbuddin Gade, MA

Kaderisasi Ulama : Dr Badrul Munir MA

Pengembangan Organissai Daerah : Danil Rianda, S.PdI

Politik, Hukum dan HAM : Dr Azhari Yahya SH MCL MH

Kominfo, Penyiaran dan Dokumentasi : M. Sanusi Madli, SP

Kesra : Suwardi SST

Kajian dan Ghazwul Fikri : Ghazali M Adam, SAg MA

Kerukunan Ummat Beragama : Dr Syukri M Yusf Lc MA

Bina Mesjid : Dr Bustami Abu Bakar, SAg Mhum
Pesantren : Drs Samir Abdullah, MA

Waqaf, Infaq dan Sadaqah : Ir Razali Adami, MP

Sosial dan Kebencanaan : Asyraf Abdu Syakur, S.SosI

Juga disertai badan-badan khusus, yaitu :

Pemuda Dewan Da’wah : Basri Effendi, SH MH M.Kn

Muslimat Dewan Da’wah Aceh : Roslaila Binti Usman Latief, S.Ag

Brigade Dewan Da’wah Aceh : Drs. Mukhtarullah Yusuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here