Penutupan PTQ Nasional ke-51, Kemenag: Moderasi Beragama Landasan Spiritual dan Moral Masyarakat

Palembang, Mediadakwah.id – Kementerian Agama (Kemenag) kembali menegaskan pentingnya konsep Moderasi Beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemenag menyatakan, Moderasi Beragama merupakan landasan spiritual dan moral bagi masyarakat Indonesia.

“Dalam kerangka pembangunan bangsa, kesadaran moderasi beragama harus menjadi landasan spiritual dan moral masyarakat dalam menghadapi perubahan menuju hari esok yang lebih baik,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dikutip dari laman Bimas Islam Kemenag, Rabu (5/5/21) malam.

Moderasi Beragama dalam kehidupan masyarakat yang dinamis, tambah Kamaruddin, diwujudkan dalam pendidikan karakter dengan penanaman perilaku positif oleh orang tua, guru, dan tokoh masyarakat.

“Dalam dunia dan masyarakat yang terus berubah, pendidikan karakter dengan penanaman nilai keimanan dan akhlak mulia yang merasuk ke dalam jiwa harus menjadi perhatian orang tua di rumah dan guru di sekolah serta para tokoh, pemimpin dan elit bangsa,” tambahnya.

Muara dari pendidikan karakter ini, lanjutnya, adalah lahirnya generasi yang kuat sebagaimana diwasiatkan di dalam Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup umat manusia.

“Kita tidak ingin generasi penerus di belakang kita menjadi generasi yang lemah dan tidak punya pegangan hidup sebagaimana diperingatkan di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah kitab pendidikan terbesar dan umat Islam wajib mempedomaninya dalam setiap langkah yang dijalani agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat,” tegasnya.

Sebagai informasi, PTQ Tingkat Nasional ke-51 merupakan kerja sama antara Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Kementerian Agama (Kemenag). Gelaran ini dilangsungkan pada Sabtu-Selasa, 1-4 Mei 2021 di Palembang, Sumatera Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here