Sapi Impor Terkendala Teknis, Pemerintah Mobilisasi Sapi Lokal untuk Kebutuhan Idulfitri 2021

Pemerintah memilih untuk memobilisasi sapi lokal dari sentra-sentra di daerah untuk pemenuhan Idulfitri 2021. (Foto: Borneo 24)

Jakarta, Mediadakwah.id – Pemerintah Indonesia akan memobilisasi sapi-sapi yang ada di sentra peternakan kepada konsumen hingga H-3 Idulfitri 2021. Hal ini dilakukan agar kebutuhan daging sapi menjelang Lebaran tercukupi.

Deputi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengatakan, pasokan daging sapi yang biasanya dipenuhi oleh importir mengalami beberapa kendala pada masa pandemi COVID-19.

“Kami mengalami keterbatasan dan kontainer untuk memasok daging dari negara lain yaitu Australia,” kata Musdhalifah dikutip dari kantor berita Antaranews, Rabu (28/4/2021).

Dia melanjutkan, untuk pemenuhan daging sapi dalam negeri dipasok dari beberapa sentra ternak sapi seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Lampung.

Seluruh sapi dari sentra ternak sapi tersebut, kata Musdhalifah, biasanya dimobilisasi ke sentra konsumen umumnya di Jabodetabek terutama pada hari besar nasional seperti Idulfitri, Iduladha, dan Tahun Baru.

“Selain pemenuhan daging sapi, pemerintah juga telah melakukan impor daging kerbau untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat. Saat ini Bulog telah memiliki 13 ribu ton daging kerbau yang diimpor dari India,” ujar Musdhalifah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here