Selama Ramadan Khatib dan Dai Diimbau Sampaikan Dakwah yang Relevan dengan Zaman

Jakarta, Mediadakwah.id – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama (Ditjen Bimas Kemenag) meminta para khatib dan dai agar dapat menyampaikan dakwah yang relevan dengan perkembangan zaman selama bulan Ramadan.

Menurut Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, M. Fuad Nasar dalam keterangan tertulisnya, dakwah Islam harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat modern saat ini.

“Mereka haus dengan nilai-nilai agama dan kepemimpinan moral,” kata Fuad dikutip dari laman Bimasislam.kemenag.go.id, Kamis (15/4/2021).

Lebih lanjut Fuad menjelaskan, ajaran agama Islam merupakan jalan hidup yang harus memandu kemurnian akidah, kesempurnaan ibadah serta muamalah, dan pedoman berperilaku bagi umatnya.

Menurutnya, setiap kaum Muslimin haruslah memiliki landasan ilmu dalam menjalankan ajaran Islam dan bukan hanya berdasarkan pada pemahaman sebagai masyarakat awam.

“Untuk itu, dakwah Islam harus semakin berkembang dan meningkat dari waktu ke waktu, termasuk dari segi bobot dan kualitasnya sesuai tuntutan perkembangan zaman,” imbuhnya.

Menurut Fuad, kualitas dakwah tidak hanya ditentukan oleh sarana dan metode yang digunakan, tapi juga kepribadian para dai atau juru dakwah sebagai kunci keberhasilan dakwah.

“Terlebih saat ini kita menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat, ini dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan dakwah Islam dengan berbagai media,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here