Skandal Narkoba Guncang Partai Erdogan

Ankara, mediadakwah.id – Polisi Turki menahan mantan pegawai Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Kürşat Ayvatoğlu pada hari Minggu, (4/4/2021). Di dalam video itu, ia terlihat menghirup apa yang diyakini sebagai kokain di dalam mobil mewah, lapor Arab News.

Kürşat Ayvatoğlu, mantan anggota staf di markas AKP di Ankara, ditahan sebentar pada hari Jumat, (2/4/2021) setelah rekaman video muncul tentang dia di media sosial yang tampaknya mengonsumsi kokain.

Unggahan media sosial Ayvatoğlu, yang menampilkan gambar dirinya dengan mobil mewah, mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol, menimbulkan kehebohan, dan kritik yang mengecam AKP yang Islamis.

Ayvatoğlu, yang sebelumnya bekerja dalam penelitian dan pengembangan untuk AKP, akhirnya dipecat, meskipun membantah tuduhan terhadapnya. Ayvatoğlu membela diri dengan mengklaim bahwa zat putih yang dia lihat mendengus dalam video itu sebenarnya adalah gula es, kata surat kabar Sözcü.

Pernyataan Ayvatoğlu telah memicu ejekan di media sosial, dengan tagar “gula es” dan “Pablo Escobar” menjadi trending di Twitter Turki pada hari Minggu, (4/4/2021).

Sebuah video menunjukkan Kursat Ayvatoglu menghirup kokain di dalam mobil. Dia juga sedang berfoto dengan anggota senior AKP yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu. 

Kepala Kantor Kejaksaan Umum Ankara mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mantan anggota staf AKP sedang diselidiki karena kemungkinan pelanggaran Pasal 188 KUHP Turki yang berkaitan dengan zat narkotika.

Tersangka ditahan pada hari Minggu setelah tersangka lain yang ditahan atas video tersebut mengatakan zat yang dikonsumsi Ayvatoğlu sebenarnya adalah kokain, kata kantor kejaksaan.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Turki Süleyman Soylu mengecam kritik yang mengaitkannya dengan Ayvatoğlu, mengutip foto di mana pasangan itu berfoto bersama.

Soylu mengatakan tidak mungkin mengetahui latar belakang setiap orang yang dia temui atau berfoto dengannya.

“Apakah kita akan meminta pemeriksaan catatan kriminal (dari orang) sebelum difoto dengan mereka? ” Sözcü mengutip perkataan Soylu.

Red: Jaka Setiawan
Sumber: Arab News | Sözcü

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here