Tahun 2021 Kemenag Targetkan Bangun 135 Balai Nikah dan Manasik Haji

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (Foto: istimewa)

Jakarta, Mediadakwah.id – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama menargetkan pembangunan 135 unit Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) pada tahun 2021.

Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengatakan, pembangunan yang rencananya menggunakan skema pembiayaan yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini akan dilaksanakan di 31 provinsi.

Kamaruddin menjelaskan, pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji merupakan salah satu bagian dalam meningkatkan fungsi KUA. Mengingat saat ini masih banyak KUA yang kondisinya masih kurang layak sebagai tempat pelayanan publik, diapun meminta jajarannya untuk mencari solusi out of the box.

“Pembangunan KUA yang biasa saja maka menghasilkan kuantitas yang biasa. Harus ada langkah luar biasa agar jumlah pembangunan KUA bisa signifikan dan sesuai target. Jika kita di Kementerian Agama tidak melakukan langkah yang out of the box, maka pembangunan KUA akan sama saja jumlahnya setiap tahun,” kata Kamaruddin dikutip dari laman Kemenag.go.id, Kamis 4 Maret 2021.

Dia melanjutkan, melihat kondisi seperti saat ini maka diperlukan langkah-langkah yang progresif dan jelas. Sebab KUA sebagai lembaga layanan publik dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) terkecil milik Kementerian Agama semestinya memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Dia berharap proposal pembangunan KUA antara 700 sampai 800 gedung bisa terlaksana sebelum tahun 2022. “Madrasah dan sekolah keagamaan milik negara saja bisa, KUA sebagai lembaga layanan publik juga harus bisa,” katanya.

Selain meningkatkan sarana dan prasarana KUA, lanjut Kamaruddin, pemerintah juga perlu memerhatikan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki komitmen dalam berinovasi untuk menjadi lebih baik.

“Saya ingin kita semua berkomitmen memberikan yang terbaik, berkomitmen memberikan inovasi. Kita sebagai pejabat pemerintah harus berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Ini menjadi komitmen kita bersama,” katanya.

Jumlah Balai Nikah dan Manasik Haji KUA yang dibangun terus mengalami perubahan sejak 2015 lalu di mana pada tahun itu tercatat ada 26 KUA dibangun. Jumlah itu berubah 181 KUA pada 2016, lalu 256 KUA pada 2017, 245 KUA pada 2018, 128 pada 2019, dan 228 KUA pada 2020. Sementara target tahun 2021 menjadi 135 unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here