Teknologi Informasi Semakin Pesat, KUA Harus Melek Digital

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan KUA harus melek digital agar memudahkan masyarakat. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, Mediadakwah.id – Pelayanan birokrasi di lembaga pemerintahan dan kementerian saat ini harus melek digital serta mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat dari hari ke hari.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Bimas Islam Kemenag), Kamaruddin Amin mengatakan, hal tersebut berlaku juga bagi pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) agar semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“KUA-KUA kita harus memiliki literasi digital. Literasi media komunikasi digital. Ini sudah tidak terhindarkan lagi. Saya sangat optimis kita semua sedang bertransformasi ke arah itu,” terang Kamaruddin dikutip dari laman Kemenag.go.id, Jumat 12 Maret 2021.

Dia melanjutan, di masa depan para penghulu harus mampu berkomunikasi secara horizontal dan vertikal dalam melayani masyarakat. Apalagi saat ini angka perceraian di Indonesia termasuk tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Oleh karena itu dia berharap KUA dapat menjadi konsultan bagi keluarga-keluarga yang memiliki masalah agar terhindar dari perceraian. Makanya, KUA harus segera membenahi pelayanannya termasuk harus memiliki literasi media digital.

Kamaruddin juga mendorong KUA dapat berfungsi secara instrumental untuk memitigasi potensi perceraian di Indonesia. Supaya bisa memainkan peran yang sangat penting itu dibutuhkan kapasitas dan kompetensi yang memadai dari para penghulu dan penyuluh.

“KUA ini sekali lagi harus menjadi pusat konsultasi keluarga,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here