Ternyata Ini Sebab Puasa Kita Sering Lemas dan Lesu

Jakarta, Mediadakwah.id – Kadang kala beberapa orang mengalami lemas dan lesu pada saat menjalankan ibadah puasa. Padahal pada saat sahur sudah menyantap makanan bergizi.

Lalu masalahnya di mana? Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Putri Sakti, kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab tubuh menjadi lemas selama berpuasa.

“Tubuh lemas bukan hanya karena kurang kalori atau karbohidrat, tetapi juga bisa jadi karena kekurangan cairan,” kata Putri dilansir dari kantor berita Antara, Kamis (15/4/2021).

Dia melanjutkan, kita harus memastikan mendapatkan asupan cairan setidaknya sebanyak 2 liter atau air minum per hari yang dibagi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Maka untuk memudahkan kita mengaturnya, Putri menyarankan pembagian waktu pada saat minum yakni pada saat setelah bangun tidur sekitar pukul 03.00, setelah makan sahur sekitar pukul 04.00, dan menjelang imsak sekitar pukul 04.20.

“Juga pada saat azan Magrib, setelah makan berat, setelah salat tarawih, dan sebelum tidur,” kata Putri.

Selain meminum air, lanjut Putri, cairan untuk tubuh juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan berkuah atau buah yang banyak mengandung air seperti semangka untuk membantu hidrasi tubuh.

Asupan cairan yang cukup ini pun dapat membantu masalah konstipasi atau sembelit yang biasanya kerap muncul pada pekan pertama di bulan Ramadan.

“Agar tak mengalaminya pastikan asupan cairan, serat, dan olahraga yang cukup,” kata Putri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here