Umat Islam Masih Perlu Diedukasi untuk Salurkan Zakat ke Lembaga Resmi

Jakarta, Mediadakwah.id – Masyarakat Muslim di Indonesia masih memerlukan edukasi tentang pentingnya menunaikan zakat di lembaga resmi yang terdaftar dan diakui negara.

Menurut Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi Tohor, edukasi terkait pentingnya menunaikan zakat di lembaga resmi akan berimplikasi pada faktor ekonomi Indonesia.

Tarmizi melanjutkan, berdasarkan data yang dihimpun pemerintah, masih banyak masyarakat yang belum menunaikan zakat di lembaga resmi. Oleh karena itu Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus turun tangan memberikan pemahaman, literasi, dan kesadaran masyarakat.

“Kalau masyarakat sudah mendapat edukasi pentingnya menunaikan zakat di lembaga pengelola resmi, masalah ekonomi di Indonesia akan terselesaikan. Karena semua golongan penerima zakat akan mendapatkan haknya,” kata Tarmizi dikutip dari laman Bimas Islam Kemenag, Selasa (4/5/2021).

Dia  melanjutkan, ada perbedaan ketika menunaikan harta zakat melalui lembaga resmi atau memberikan secara langsung ke salah satu golongan yang berhak menerima zakat.

Jika seseorang memberikan secara langsung, maka zakat yang ditunaikan hanya akan menyelesaikan masalah salah satu golongan saja.

Sedangkan jika seseorang menyalurkan zakat melalui LAZ yang resmi terdaftar maka hal tersebut akan menyelesaikan hampir seluruh golongan yang berhak menerimanya.

“Makanya lembaga amil zakat perlu turun tangan untuk mengedukasi kaum Muslimin,” pungkas Tarmizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here