Wisata Halal di Bosnia Sambil Menikmati Bangunan Peninggalan Kesultanan Ottoman

Menara jam lunar di Bascarsija, Sarajevo, menjadi satu-satunya peninggalan Kesultanan Ottoman yang tersisa di dunia. (Foto: Soumaya Hamdi/Halal Travel Guide)

Jakarta, Mediadakwah.id – Wisata halal sudah menjadi tren yang semakin digemari baik oleh masyarakat Muslim ataupun umum lainnya. Kini banyak destinasi wisata halal yang disediakan berbagai negara dengan beragam keistimewaan, salah satunya Bosnia.

Mengapa Bosnia? Dilansir dari halaltravelguide.net, rupanya negara tersebut memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang memiliki corak arsitektur gaya Kesultanan Ottoman. Ada sejarah panjang di balik kemegahan bangunan peninggalan Ottoman di Bosnia.

Kekokohan bangunan-bangunan peninggalan Kesultanan Ottoman di Bosnia berawal dari zaman Khalifah Sultan Mehmet Al-Fatih yang berhasil menduduki Konstantinopel atau Istanbul. Sekitar 10 tahun sejak itu, dia memasuki Bosnia Herzegovina dan menerapkan syariat Islam di atasnya.

Untuk diketahui Ibu Kota Bosnia yaitu Sarajevo pada masa Kesultanan Ottoman merupakan salah satu kota yang sangat makmur pada saat itu. Tingginya taraf hidup dan ekonomi di Sarajevo kala itu tidak hanya menarik minat para Muslim dari negara lain tetapi juga umat-umat beragama lainnya termasuk Kristen dan Yahudi.

Di sana, seluruh umat beragama tersebut mampu hidup berdampingan dengan harmonis. Kota Sarajevo kemudian dikenal sebagai ‘Yerusalem Eropa’ karena alasan ini dan hingga saat ini dia menjadi satu-satunya tempat di Eropa yang memiliki tempat ibadah masjid, sinagog, gereja Katholik, dan gereja Orthodox secara bersamaan di satu lingkungan yang sama.

Selama berabad-abad ketiga umat beragama tersebut hidup bersama-sama saling berdampingan sampai konflik antaretnis pecah pada tahun 1990an yang menyebabkan ratusan ribu nyawa yang tidak bersalah melayang. Kini sebagian besar situs bersejarah peninggalan Kesultanan Ottoman tersebut rusak akibat bom tentara Serbia dan Kroasia selama peperangan yang salah satu tujuannya berupaya menghapuskan warisan budaya dan identitas Muslim Bosnia.

Kini bagi para pelancong Muslim yang ingin menikmati wisata halal dan juga warisan sejarah budaya Islam di Bosnia dapat mengunjungi negara tersebut secara aman dan nyaman karena sebagian besar bekas peninggalan Kesultanan Ottoman telah mengalami pemugaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here