Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah sebagai LAZ Nasional ke-29

Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah jadi LAZ tingkat nasional ke-29. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, Mediadakwah.id – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat nasional ke-29. Keputusan ini berdasarkan SK Nomor 949 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Menteri Agama pada tanggal 30 Desember 2020 yang lalu.

Direktur Pemberdayaan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag), Tarmizi Tohor mengatakan penetapan ini merupakan amanah yang sangat besar, sehingga harus lebih profesional dalam pengelolaan, dan pendistribusian dana zakat, infak, dan sedekah.

“LAZ harus menjalankan kewajiban melakukan audit keuangan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), dan bersedia mengikuti akreditasi serta audit kepatuhan syariah oleh Kementerian Agama,” katanya dikutip dari laman Kemenag.go.id, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Ketua LAZ Al-Irsyad Al-Islamiyyah Faisol Nasar bin Madi mengatakan penetapan tersebut secara resmi sebagai izin untuk melakukan aktivitas pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat skala nasional.

“Saya bersyukur atas didapatkannya SK LAZ Tingkat Nasional untuk Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Saya berharap dengan adanya legalitas ini bisa menjadi payung hukum bagi seluruh pengurus Laz Al-Irsyad di berbagai tingkatan dalam melakukan aktivitas pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan zakat dan infak,” katanya.

Acara penyerahan SK tingkat Nasional dihadiri Kepala Seksi Data dan Manajemen Informasi Ditzawa Achmad Soleh, dan Sekjen LAZ Al-Irsyad Al-Islamiyyah Irvan Sungkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here