Zakat Fitrah Awal Implementasi Ibadah Umat Islam

Jakarta, Mediadakwah.id – Zakat fitrah menjadi momentum awal bagi umat Islam agar mampu mengimplementasikan ibadah puasa Ramadan selama 11 bulan ke depan.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, M. Fuad Nasar mengatakan, zakat fitrah membawa pesan mendalam di dalam kehidupan umat Islam.

“Setelah puasa, zakat fitrah berfungsi untuk mengangkat harkat dan martabat manusia melalui pelaksanakan ajaran Islam secara baik,” kata Fuad dikutip dari laman Bimasislam.kemenag.go.id, Rabu (28/4/2021).

Fuad mengatakan konsep zakat fitrah dalam Islam menyelaraskan antara ibadah ritual kepada Allah SWT pada saat berpuasa, dengan ibadah sosial kepada sesama manusia.

Dia menjelaskan, sah tidaknya ibadah puasa seseorang ditentukan oleh dirinya sendiri. Tapi zakat fitrah sah ditunaikan jika ada orang lain yang menerima, menandakan zakat adalah ibadah sosial.

Selain itu, zakat fitrah mengajarkan bahwa memberi kepada orang lain tidak bisa menjadi alasan kesombongan, sebab pada hakikatnya memang ada hak para mustahik dalam zakat fitrah.

“Apabila zakat bisa dimaksimalkan potensinya, maka dapat menjadi salah satu instrumen bagi umat Islam untuk menanggulangi kemiskinan di tanah air,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here